Manfaat mencangkok,keuntungan dan kerugian mencangkok

Manfaat mencangkok Tanaman Ada beragam manfaat  bila kita menanan pohon hasil cangkokan sebagai petani teknik ini akan sangat menguntungkan bila kita menerapkannya dengan menanam pohon hasil cangkokan maka di harapkan para petani memiliki keuntungan yang sangat banyak adapun beberapa keuntungan dan kerugian dari mencangkok diantaranya
  1. Tanaman yang kita tanam dari hasil cangkok maka pohon tersebut akan cepat tumbuh akarnya.
  2. Pohon akan cepat berbuah bila di bandingkan menanam pohon dengan menggunakan bijinya.
  3. Apabila kita menanam pohon hasil cangkokan maka bisa di pastikan tingkat keberhasilan sangat tinggi ini karena pohon sudah ada akarnya maka akar pohon akan bisa menyerap humus yang ada di dalam tanah.

Disamping keuntungan, terdapat juga beberapa kerugian penanaman pohon dengan sistem cangkok 

  • Pada musim kemarau panjang tanaman tidak tahan kering. 
  • Tanaman mudah roboh bila ada angin kencang karena tidak berakar tunggang. 
  • Pohon induk tajuknya menjadi rusak karena banyak cabang yang dipotong. 
  • Dalam satu pohon induk kita hanya bisa mencangkok beberapa batang saja, sehingga perbanyakan tanaman dalam jumlah besar tidak bisa dilakukan dengan cara ini. 

Pohon cangkokan
Mencangkok merupakan usaha penanam pohon yang sangat menguntungkan untuk kita sebagai petani sebagai tambahan Padabsaat musim kemarau panjang tanaman tidak tahan kering. Tanaman mudah roboh bila ada angin kencang karena tidak berakar tunggang. Pohon induk tajuknya menjadi rusak karena banyak cabang yang dipotong. Dalam satu pohon induk kita hanya bisa mencangkok beberapa batang saja.

Baca juga:Jenis tanaman yang tidak bisa di cangkok


Dengan demikian saya menyarankan untuk menaman pohon hasil cangkokan bila di bandingkan menanam menggunakan bijinya demikianlah manfaat mencangkok untuk pertanian.untuk cara mencangkok tanama yang tepat silakan baca Cara mencangkok tanaman agar cepat tumbuh akarnya
0 Komentar untuk "Manfaat mencangkok,keuntungan dan kerugian mencangkok"