Cara membuat pohon pepaya bangkok pendek dan banyak buahnya

Keuntungan memiliki pohon pepaya yang pendek adalah buah mudah untuk kita panen dan bisa kita jadikan tanaman hias di depan rumah kita apalagi pohon berbuah lebat maka akan sangat menguntungkan bagi pemiliknya,apalagi saat ini harga buah pepaya menjelang lebaran melonjak tinggi ini karena di manfaatkan para penjual untuk berjualaan es buah pepaya.buah pepaya yang terkenal saat ini dan larii di pasaran adalah jenis pepaya bangkok namun bila buah pepaya bangkok kita tanam maka pohon yang di hasilkan akan meninggi dan ini akan menyulitkan untuk proses memanen buahnya.

Proses pemendekan pohon pepaya tidak bisa kita lakukan dengan cara mencangkok melainkan dengan cara pemotongan pohon secara benar dan pemilihan tunas. 

membuat pohon pepaya bangkok pendek

Sebagai petani maka banyak cara yang bisa kita lakukan agar pohon pepaya bangkok pendek dan cepat berbuah dan mudah kita petik diantaranya

  1. Pada awal kita menanam buah pepaya bangkok sekitar umur satu bulan atau pohon tersebut memiliki tinggi sekitar 50 Cm maka segeralah memotong pohon tersebut.lalu bagaimanakah cara memotong pohon pepaya bangkok yang benar? saya sarankan hanya memotong ujung pupusnya saja,ini di lakukan agar pohon pepaya tersebut agar tumbuh tunas baru.
  2. Pada waktu tunas berumur 10 hari maka potong lah lagi sekitar panjang 15 cm dari tanah atau dari tunas ke 3,untuk menghindari bekas potongan tunas pohon pepaya yang membusuk maka sebaiknya kita bungkus dengan plastik.
  3. Memulai pemilihan seleksi tunas yang terbaik,sisakan satu tunas saja yang paling bagus ciri ciri tunas bagus adalah daun pucuk tidak melipat.
  4. Setelah pemilihan tunas maka tahap ke 4 adalah perawatan pohon pepaya bangkok.
Untuk bisa menghasilkan buah pepaya bangkok yang berkualitas bagus serta memiliki postur yang kokoh maka sebaiknya kita membeli bibit pepaya bangkok yang berkualitas mulai dari pemilihan bibit yang bagus atau kita bisa melakukan pemilihan bibit biji pepaya bangkok yang bagus dengan cara
  1.  Buah pepaya bangkok yang kita dapatkan dari buah yang sudah matang,warna kulit kuning agak kemerah merahan
  2. Buah pepaya yang berasal dari tanaman induk yang berkualitas bagus.
  3. Pohon yang memiliki buah lebat.
  4. Pemilihan biji dari buah pepaya bangkok sebaiknya diambil dari dalam buah pepaya bagian ujung dalam buahnya..
Demikianlah teknik cara membuat pohon pepaya jenis bangkok menjadi pendek serta buah tersebut akan memiliki buah yang lebat,dengan demikian maka usaha memendekkan pohon buah pepaya bisa kita lakukan agar proses memanen menjadi cepat.
2 Komentar untuk "Cara membuat pohon pepaya bangkok pendek dan banyak buahnya"

Lumayan laman ini membantu utk budidaya pepaya😕😕