Cara menanam daun pandan supaya subur dan lebat daunya

Kita bisa menanam daun pandan diarea pekarangan rumah dengan cara menggunakan media pot sebagai tempat untuk meletakkan bibitan daun pandan ( skala kecil)sebenarnya kita bisa menanam daun pandan di depan rumah dan ini juga bisa kita gunakan untuk pagar rumah kita,tanaman daun pandan juga tidak memakan tempat maka dari itu kita bisa memanfaatkan depan rumah untuk kita tanamkan daun pandan,tanaman daun pandan merupakan jenis tanaman yang mudah berkembang biak namun apabila pada saat kita memulai menanam daun pandan maka kita harus merawatnya setiap hari dan sebenarnya daun pandan cocok untuk di tanam di dataran tinggi yang mana dataran tersebut memiliki suhu panas yang rendah serta memiliki tingkat kelembapan yang tinggi ini karena tanaman daun banyak membutuhkan banyak air.
Baca Juga:Cara menanam padi dengan metode jajar legowo

Tanaman daun pandan juga bisa kita taman di media pot ini serta memiliki manfaat sebagai hiasan depan rumah kita serta ada keuntungan bila kita menanam daun pandan di dalam pot salah satunya adalah tanaman tersebut tidak terlalu memakan tempat.

Cara menanam daun pandan di dalam pot juga sangat mudah sekali yang pertama siapkan pot kemudian isilah pot tersebut dengan tanah yang subur kemudian tanam daun pandan.

Jaman dahulu masyarakat jawa (sampai saat ini juga) memanfaatkan daun pandan untuk menyekar kemakam dengan cara mengiris atau daun pandan menjadi irisan yang lembut kemudian kita sebarkan di sekitar batu nisan,namun semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan maka daun pandan bisa bermanfaat atau kita gunakan untuk penyedap makanan sebagai pewarna makanan.

Tanaman daun Pandan

Berikut cara menanam daun pandan supaya subur serta daunya lebat

  1. Pemilihan bibit daun pandan

    Untuk memilih bibit anakan daun pandan lihat dengan teliti pilihlah anakan daun pandan,pilihlah diantara gerombolan daun pandan yang segar dan sehat ciri cirinya adalah daun tidak luka serta warna daun hijau muda,setelah pemilihan anakan daun pandan kita lakukan maka selanjutnya adalah sediakan tempat dan tanam yang gembur serta subur.
  2. Lakukan penanaman daun pandan

    Setelah tempat sudah kita tetapkan kemudian buatkan lubang untuk menaruh tanah yang subur atau kita bisa memberikan tanah dari bekas kotoran sapi maupun tanah yang sudah kita campur dengan pupuk kompos kemudian tanamlah daun pandan ketempat tersebut.
  3. Usahakan tanah harus selalu lembab

    Tanaman daun pandan sangat membutuhkan banyak air maka dari itu setelah kita tanam maka segeralah kita berikan air dengan cara menyiramkan di sekitar pangkal tanaman pandan.
  4. Tentukan waktu penyiraman

    sebaiknya tanaman tersebut kita siram dengan air sebanyak 2 kali sehari pada pagi hari dan juga sore hari
  5. Pada hari kedua setelah di tanam berikan pupuk

    Sebaiknya agar tanaman daun pandan cepat tumbuh akarnya serta subur maka berikanlah pupuk organik dan ulangilah penberian pupuk pada bulan berikutnya (sebulan setelah kita tanam),pupuk organik ini bisa kita dapatkan dari pupuk kompos serta bekas timbunan daun yang sudah menjadi tanah.
  6. Perawatan harian selama 2 minggu
    Setelah dua minggu setelah kita tanam pada saat saat itulah tanaman pandan sudah menyesuaikan terhadap lingkungan nya maka apabila anakan daun pandan sudah mulai tumbuh serta berkembang biak maka sebaiknya anakan tersebut kita pangkas.
Fungsi pemangkasan daun tersebut berguna agar tingkat pertumbuhan pandan sempurna dan cepat besar,demikianlah cara menanam daun pandan sebagai tambahan tanaman daun pandan merupakan jenis tanaman yang cepat berkembang biak apabila sudah tumbuh besar maka daunya akan sangat banyak sekali dan kita bisa melakukan pemangkasan kembali untuk merapikan daunya.
0 Komentar untuk "Cara menanam daun pandan supaya subur dan lebat daunya"