cara menanam jagung sistem jajar legowo

Cara menanam tanaman dengan menggunakan sistem jajar legowo tidak hanya bisa kita terapkan untuk menanam padi namun kita bisa menanam jagung dengan sistem jajar legowo, dengan sistem penanaman jajar legowo ini akan  membuat produksi jagung akan lebih maksimal serta untuk cara perawatanya akan lebih mudah maka dari itu sebagai petani harus mengubah pola tanam.manfaat jajar legowo untuk tanaman jagung adalah tanaman akan mudah mendapatkan unsur hara, tanaman akan mendapatkan sinar matahari yang maksimal sehingga proses fotosintesis akan berjalan dengan sempurna yang nantinya akan meningkatkan produksi jagung itu sendiri.

lalu apa itu jajar legowo?
Jajar legowo adalah proses menanam tanaman dengan menggunakan pola berselang seling antara dua atau lebih dan biasanya terdiri dari dua atau empat baris tanaman jagung dan satu baris di buat kosong.
Sistem menanam dengan jajar legowo banyak di terapkan pada pertanian khususnya menanam padi di sawah. sebenarnya sistem jajar legowo banyak di terapkan pada area pertanian di daerah daerah yang banyak terserang hama penyakit seperti keong mas, rumput yang banyak namun dengan metode sistem jajar legowo maka kita bisa dengan mudah untuk penanggulangan hama tersebut.

Adapun manfaat menanam jagung menggunakan sistem jajar legowo yaitu:

  1. hasil panen jagung akan meningkat karena biji jagung tumbuh dengan sempurna karena penerimaan intensitas cahaya matahari ke daun dan inilah yang akan mampu membuat biji jagung tumbuh dengan sempurna
  2. Dengan jajar legowo kita terapkan pada tanaman jagung maka tanaman jagung akan mudah untuk kita rawat terutama penyiangan serta mempermudah pemberian pupuk.

lalu bagaimanakah seharusnya sistem jajar legowo ini kita terapkan?

Cara tanam jajar sebenarnya bisa kita terapkan di lahan sawah basah maupun lahan kering dengan tingkat kesuburan tanah dan tingkat ketersediaan air yang cukup

Proses menanam jagung dengan sistem jajar legowo meliputi pengolahan tanah dan lahan yang akan kita tanam termasuk menggemburkan tanah bisa kita bajak dengan menggunakan mesin traktor dan juga bisa dengan menyuburkan tanah dengan cara memberikan pupuk kompos dengan jenis pupuk organik

Untuk cara menanam jagung dengan sistem jajar legowo disini kita langsung memberikan gambar yang di sertai panduan lihat pada gambar ( 1 ) di bawah ini.
sistem jajar legowo
Pada gambar diatas adalah menanam jagung sistem jajar legowo 2 : 1
menanam jagung sistem jajar legowo 2 : 1
Klik Gambar Untuk Memperbesar   


Demikianlah teknik cara menanam jagung dengan sistem jajar legowo dengan dengan menggunakan sistem ini maka tentunya akan bisa meningkatkan produksi jagung.
0 Komentar untuk "cara menanam jagung sistem jajar legowo"